PEMASANGAN PENANGKAL PETIR & SISTEMNYA 

Melayani pemasangan bidang penangkal petir sistem konvensional maupun sistem elektrostatis (memiliki radius proteksi luas), domisili Sidoarjo. Dengan cara pemasangan secara langsung ada atap gedung maupun dengan menggunakan tiang tunggal sebagai instalasi pendukung dengan ketinggian tiang yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari area yang akan dipasang penangkal petir. Pemasangan serta konstruksi penangkal petir dilakukan oleh tim kami yang telah terbiasa pada bidang ini sehingga hasil pekerjaan dapat kami pertanggung jawabkan kepada user.


Komponen untuk pemasangan instalasi penangkal petir pengaman sambaran akan kami berikan jaminan dan garansi sesuai dengan spesifikasi yang telah diberikan, sehingga dapat menjamin kehandalan dan kelayakan pemasangan instalasi penangkal petir. Kami senantiasa terbuka akan permasalahan, pertanyaan dan kritik dari pihak user, mengenai pekerjaan pemasangan penangkal petir yang diberikan, sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan harapan.



Pemasangan penangkal petir harus disesuaikan dengan kebutuhan dari luas area. Hal ini berhubungan dengan radius perlindungan yang ada pada suatu instalasi penangkal petir. Untuk menentukan besar kecilnya dari radius perlindungan, maka melihat pada komponen air terminal penangkal petir tipe elektrostatis yang terpasang. Selain itu ketinggian perangkat instalasi penangkal petir dari bawah hingga atas juga berpengaruh pada besaran radius perlindungan yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari tabel perlindungan yang ada pada setiap brosur atau katalog air terminal tipe elektrostatis. Sehingga disimpulkan bahwa menambah ketinggian instalasi juga berbanding lurus dengan bertambahnya radius perlindungan. Tetapi hal ini kurang efektif pada pemasangan penangkal petir dengan instalasi pendukung (tiang tunggal, tower). Karena semakin tinggi konstruksi maka membutuhkan material dan bahan lebih banyak dan beragam sehingga biaya juga menjadi lebih tinggi.



Pemasangan instalasi penangkal petir surabaya mendapat pengawasan dari pihak dinas tenaga kerja. Hal ini telah diatur pada peraturan menteri tenaga kerja (Permenaker 02/MEN/1989). Sehingga instalasi penangkal petir harus mendapat rekomendasi dan persetujuan layak pakai dari pihak dinas tenaga kerja setempat. Bentuk persetujuan dari pihak dinas tenaga kerja yaitu penerbitan buku ijin pemakaian yang nantinya akan diberikan pada pihak yang memiliki, memakai dan bertanggung jawab terhadap instalasi penangkal petir surabaya tersebut (user). Ijin pemakaian ini sebagai bukti bahwa seluruh data, spesifikasi dan rangkaian dari suatu instalasi penangkal petir telah sesuai dengan standar peraturan yang digunakan sebagai acuan.






SISTEM FRANKLIN ROD KONVENSIONAL
 

Merupakan sistem pemasangan penangkal petir paling sederhana dibandinkan dari beberapa sistem pemasangan penangkal petir yang ada. Sistem franklin rod merupakan sistem pemasangan penangkal petir pertama yang ditemukan, dan sampai sekarang sistem pemasangan penangkal petir ini masih sering digunakan karena kehandalannya. Seiring berkembangnya teknologi dan waktu, sistem ini memiliki beberapa kelemahan mendasar yang nantinya akan disempurnakan oleh sistem sesudahnya yang lebih baru serta dapat menjawab kebutuhan dan permasalahan yang ada pada saat ini.


KONVENSIONAL


SISTEM SANGKAR FARADI 

KONVENSIONAL

Merupakan teknologi penyempurnaan dari sistem pemasangan penangkal petir franklin rod yang dikembangkan untuk mengatasi kelemahan yang ada pada sistem tersebut. Pada penangkal petir sistem sangkar farady ini membuat lebih efektif untuk menjangkau dan memberi perlindungan pada titik terjauh yang tidak dapat dijangkau dari sistem franklin rod yang memang terbatas. Hanya saja jika digunakan pada bangunan yang memiliki luasan besar akan membutukan material yang lebih banyak.


KONVENSIONAL


SISTEM ELEKTROSTATIS 

KONVENSIONAL

Merupakan pemasangan penangkal petir dengan sistem baru yang dikembangkan untuk menjangkau sambaran petir dengan jangkauan yang luas, sehingga radius perlindungan akan menjadi lebih lebar. Sistem pemasangan penangkal petir elektostatis ini lebih ramah lingkungan karena menggunakan teknologi early streamer emisions yang dikembangkan untuk menggantikan teknologi radioaktif yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Sangat dianjurkan dan cocok untuk memberikan perlindungan area dengan jangkauan yang luas serta tidak membutuhkan banyak material sehingga lebih ekonomis. Serta perawatannya juga lebih praktis karena material yang digunakan tidak terlalu banyak.


KONVENSIONAL



Beberapa sistem pemasangan penangkal petir yang telah diuraikan di atas dapat dikondisikan sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan untuk rangkaian sistem perlindungan petir yang akan dipakai. Jadi sistem pemasangan penangkal petir mana yang akan dipilih merupakan keputusan yang diambil berdasarkan pertimbangan dan perhitungan dua faktor penting yaitu faktor teknik dan faktor biaya. Sehingga nantinya diperoleh produk penyalur petir yang sesuai untuk tempat dan lingkungan yang menjadi sasaran.


Sumber :
- Wikipedia
- Permenaker 02/MEN/1989
- Tim