Dimana Ada Listrik Disitu Ada Pembumian, Memang Tidak Bisa Dipisahkan

Melayani perbaikan, pembuatan dan pemasangan segala jenis grounding sistem (pembumian / arde). Refrensi pengalaman kami telah mengerjakan beberapa macam grounding diantaranya : grounding penangkal petir, grounding listrik, grounding mesin, grounding server (IT), grounding mesh dan banyak grounding lainnya. Tim kami sangat paham dan mengerti akan prosedur dan tujuan dari sistem grounding, sehingga dalam prakteknya akan mewujudkan grounding dengan spesifikasi dan standar yang sesuai dengan persyaratan. Dalam pemasangan sistem grounding kami telah berkompeten dan berpengalaman sehingga memiliki banyak refrensi, literatur, tips mudah membuat grounding penangkal petir, acuan dan metode pemasangan sehingga nantinya dapat memberikan solusi untuk seluruh masalah sistem grounding. Kami juga memiliki hubungan kerja sama dengan dinas tenaga kerja untuk seluruh wilyah Indonesia yang dimana sebagai pihak pengawas dari persyaratan dan standart yang berlaku. Hal ini adalah suatu jaminan dari kami untuk memberikan mewujudkan grounding yang sesuai dan handal bagi customer.

pemasangan pembumian grounding
Pemasangan Pembumian Grounding

Pemasangan sistem grounding sebagai instalasi pengaman dari arus lebih yang berbahaya bagi manusia maupun peralatan elektronik. Persyaratan nilai grounding dari suatu instalasi adalah </= 5 ohm, hasil tersebut merupakan standar nasional untuk grounding. Standar lain pada suatu sistem grounding yaitu spesifikasi material untuk kabel penghantar, yaitu memiliki luas penampang >/= 50mm2. Sehingga dua hal tersebut yang menjadi acuan dan standar awal untuk pemasangan sistem grounding. Acuan dan standar di atas dipergunakan untuk seluruh jenis sistem pembumian yang ada. Tetapi spesifikasi hasil grounding biasa ditentukan oleh pihak customer, dengan berbagai alasan dan kepentingan.

pembumian penangkal petir
Pembumian Penangkal Petir

Hasil sistem pemasangan pembumian grounding dipengaruhi oleh resistan tanah pada daerah tersebut. Untuk nilai resistan tanah dapat dilihat dari unsur dan jenis tanah, untuk lebih detailnya dapat dilakukan pengukuran langsung  menggunakan alat ukur. Semakin besar nilai resistan tanah maka semakin besar juga hasil sistem pembumian yang diperoleh. Untuk hasil sistem pembumian di atas 5 ohm, maka perlu untuk disusutkan lagi sehingga sesuai dengan hasil yang diharapkan. Semakin kecil nilai resistan grounding, maka semakin bagus dan terjamin sistem pembumian tersebut.