Jangan Salah Walau Sederhana Tapi Masih Menjanjikan Untuk Digunakan

Pemasangan penangkal petir konvensional memang terlihat praktis dan sederhana tapi tidak mengurangi fungsi utama. Lihat spesifikasi material yang dipasang, mulai dari kabel hingga pembumian sistem konvensional praktis. Memang penangkal petir konvensional ialah tipe paling sederhana tapi masih banyak yang pasang hingga sekarang. Tipe konvensional cocok untuk rumah tinggal, ruko, tower, perkantoran dan lain sebagainya. Memang terbentur luasan radius proteksi yang tidak bisa melindungi area yang sangat luas. Radius perlindungan konvensional kurang lebih 3 meter dari titik utama.


Harga penangkal petir konvensional lebih terjangaku jika dibandingkan sistem elektrostatis. Harga penangkal petir konvensional bisa menjadi mahal juga, karena kebutuhan volume kabel yang banyak. Maka dari itu penangkal petir konvensional kurang tepat untuk bangunan dengan dimensi yang panjang atau luas. Jika untuk dimensi bangunan yang pendek penangkal petir konvensional pastinya memiliki harga yang jauh lebih ekonomis dan praktis.

Detail Penangkal Petir Konvensional
Air terminal konvensional terbuat dari 2 macam material yaitu tembaga dan kuningan. Bentuk air terminalnya seperti tombak ( sering di sebut dengan " splitzen " ), untuk penyangga atau tiang support menggunakan pipa besi, kabel penghantar minimal luas penampang 1 X 35mm, pipa conduit sebagai pelindung kabel penghantar dan yang terakhir pembumian ( grounding system ). Untuk bagian penyangga air terminal usahakan dari pipa galvanized agar tidak mudah korosi dan lebih tahan lama. Sedangkan untuk kabel penghantar disarankan menggunakan tipe kabel BC. Harap diperhatikan ketentuan SNI kabel penghantar penangkal petir di atas hanya untuk pemasangan pada bangunan yang tidak terlalu luas seperti rumah tinggal. Untuk selain itu harap diperhatikan aturan sni yang telah ada.

Standart Instalasi
Mengenai aturan sni untuk penangkal petir konvensional tidaklah rumit, sederhana saja. Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu, kabel hantaran dan nilai pembumian groundingnya. Pada kabel hantaran usahakan luas penampangnya tidak terlalu kecil. Sedangkan nilai dari grounding pastikan dibawah resistan 5 ohm. Jika dua hal tersebut terpenuhi, maka penangkal petir konvensional tersebut telah layak dan baik.

Peringatan
Untuk pemasangan di atas bangunan dengan rangka atap galvalum lebih diperhatikan induksi arus pada rangka yang bersifat konduktor. Harus diperhatikan sistem isolasi yang menghindarkan induksi langsung. Kabel BC merupakan tipe kabel telanjang tanpa isolasi, jadi perlu penambahan pipa conduit. Jika ingin perlindungan optimal gunakan kabel penghantar NYY atau NYA dengan pipa conduit untuk isolasi luarnya. Jadi walupun menggunakan penangkal petir yang sederhanapun tetap bisa mendapat perlindungan terbaik. Penangkal petir konvensional pun bisa menjadi alternatif di antara alternatif pilihan lain yang ada.


Mengapa Memilih Kami?
Bunga Indo Tehnik

layanan kami


Apa Saja Yang Anda Dapatkan?




Langkah Mudah Pemesanan