Surge arrester sering disebut dengan penangkal petir internal karena memiliki fungsi perlindungan pada lonjakan tegangan listrik melebihi batas yang di tentukan. Terkhusus arrester mengamankan induksi petir yang memiliki efek negatif pada rangkaian atau jaringan listrik. Lonjakan tegangan pada rangkaian atau jaringan listrik sangatlah berbahaya karena tegangan listrik yang melebihi tegangan normal dapat merusak alat elektronik yang terhubung dalam suatu rangakian atau jaringan listrik tersebut. Selain melayani jasa pemasangan surge arrester Bunga Indo Tehnik juga telah melayani pengadaan suplai komponen material surge arrester dengan seluruh material kelengkapannya. Berikut merupakan berbagai macam material instalasi surge arrester yang telah kami sediakan.

Berbagai macam brand tersebut memiliki banyak tipe yang tentunya dapat melindungi rangkaian instalasi listrik sesuai dengan kapasitas tegangan yang ada di tempat anda. Berbagai macam brand tersebut telah bersertifikat international dan menjadi rekomendasi sebagai standar perlindungan pada rangkaian instalasi listrik. Dalam instalasi surge arrester juga membutuhkan material support sebagai penyempurnaan dalam instalasi agar surge arrester berfungsi sebagaimana mestinya. Bunga Indo Tehnik menyediakan macam - macam material support untuk instalasi surge arrester sebagai berikut.

Box Control Panel
Box panel berfungsi untuk menampung dan mendistribusikan listrik ke berbagai bagian dalam sebuah gedung atau bangunan. Box panel ini sangat penting karena merupakan bagian dari sistem listrik yang utama dan seringkali menjadi pusat titik inspeksi pada rangkaian instalasi listrik.

Rel ( Dudukan )
Rel Aluminium dalah alat yang digunakan sebagai dudukan pada pemasangan panel listrik, seperti MCB, MCCB, terminal block, socket, surge arrester relay dan komponen listrik lainnya. Terbuat dari alumunium pilihan yang berkualitas handal sehingga tidak mudah bengkok dan penyok. Mudah dipasang dan mudah digunakan serta tahan lama.

Kabel NYAF
Dengan luas penampang 16mm kabel NYAF sering di gunakan dalam pemasangan instalasi surge arrester, karena kabel NYAF lentur dan mudah di atur agar instalasi lebih rapi dan berfungsi lebih baik. Kabel NYAF juga memiliki isolator atau pembungkus untuk pencegah adanya induksi. Selain itu kabel NYAF memiliki macam - macam warna isolator yaitu bertujuan sebagai tanda pembeda untuk masing - masing jalur arus pelepasan.

Copper Rod ( As Tembaga )
Copper rod berbentuk as yang bermaterial tembaga dengan ukuran minimal 5/8" x 3 meter, berguna untuk menyalurkan arus listrik yang berlebihan ke tanah (grounding). Copper rod di gunakan sebagai grounding karena proses pengaplikasiannya sangat praktis dan lebih mudah dari pada mengunakan kabel. Dengan adanya copper rod maka instalasi grounding akan lebih cepat dan lebih mudah untuk mendapatkan nilai grounding yang telah di inginkan.

Klem Rod
Klem rod (grounding) terbagi dari berbagai macan bentuk yang memiiki fungsi untuk mengkoneksikan antara kabel dengan copper rod (as grounding rod). Klem rod merupakan material pengkoneksian sistem manual dengan pengerjaannya yang lebih mudah dan praktis. Berbeda dengan sistem Exothermic Cad Welding yang proses pengerjaannya yang sedikit lebih sulit dan membutuhkan tenaga ahli serta berpengalaman untuk mengerjakannya.

Kabel BC
Penambahan kabel BC bertujuan untuk penyambungan koneksi antara copper rod (as tembaga) yang sering di sebut dengan rangkaian grounding (pembumian) sistem pararel. di karenakan kabel BC tidak memiliki isolator pembungkus kabel BC bisa membantu arus pelepasan pada tanah. Sistem pararel ini di gunakan bila nilai grounding masih tinggi dan tidak memenuhi standar instalasi arrester yang biasanya membutuhkan nilai grounding di bawah 3 ohm.