Entah Memang Palsu Atau Sengaja Dipalsukan

Pasar yang luas dan cenderung bebas rawan beredar penangkal petir palsu yang serta merta banyak jenis dan tipenya penangkal petir radius banyak brand yang dipalsukan. Sangat murah, cenderung murahan dan ada pula yang bernilai hingga puluhan juta rupiah, ini sudah termasuk penipuan. Semua pasti disesuaikan dengan syarat kebutuhan dan alokasi anggaran anda. Semisalnya, terdapat bangunan dengan tipe ruko terdiri dari 3-4 lantai tentu saja cukup hanya diberi air terminal unit Radius 80 hingga 150 meter dengan sesuai anggaran air terminal lokal. Dan pasti tidak efisien bila pemiliknya memaksa untuk dipasang air terminal import yang harganya sekitar 10x lipat. Padahal sisa budget dapat dialokasikan dengan memasang pengaman tambahan semacam surge arrester atau perangkat cctv dan lainnya.


Meskipun telah disesuaikan dengan alokasi anggaran yang ada, sangat tentu berhak untuk mendapat suplai material penangkal petir yang sesuai standar Peraturan Umum Instalasi Penangkal Petir (PUIPP) demi keamanan dan kenyamanan. Namun sejalan dengan peningkatan biaya produksi dan pemasaran material penangkal petir radius, terkadang bisa saja terdapat produsen palsu yang menjual penangkal petir palsu, sehingga tidak menjamin kualitas material untuk menghemat anggaran dikarena penangkal petir memang palsu atau sengaja dipalsukan. Waspada penangkal petir radius rawan dipalsukan. Belum lagi penangkal petir baru tanpa sertifikat uji laboratorium. Radius proteksi hanya dikira-kira oleh pembuatnya. Tidak teruji dan tidak valid bisa membahayakan dan beresiko.

Sedangkan penangkal petir palsu yang rawan tersebar seperti ini, maka waspadalah dan perhatikan dengan cermat penangkal petir palsu dan penangkal petir asli. Sebab, kualitas penangkal petir palsu yang tidak sesuai dapat membahayakan keamanan dan kenyaman. Resiko penangkal petir palsu terbesarnya ialah gagal fungsi berupa sambaran petir langsung menghantam bangunan, hingga resiko terkecilnya adalah berkurangnya masa pakai material, dari yang sebelumnya tahan dan kuat untuk 5 tahun menjadi hanya 1 tahun saja untuk penangkal petir palsu. Akan timbul resiko berlipat ganda bila anda berada di wilayah yang nilai isokeraunik levelnya (IKL) tinggi. Oleh sebab itu, silahkan menyesuaikan tingkat keamanan anda dengan dana yang tersedia. Awas waspada penangkal petir palsu murah dan tergolong murahan, biasanya penangkal petir yang tanpa sertifikat uji tergolong dalam penangkal petir tiruan.