Tips Mudah Membuat Grounding

Membuat grounding penangkal petir itu pekerjaan susah susah gampang. Ini yang menggugah kami untuk berbagi tips mudah membuat grounding penangkal petir. Menjadi susah jika tidak mengetahui cara membuat grounding yang berfungsi dengan baik. Sebelumnya untuk mudah dipahami, grounding yaitu sebagai media penghantar antara instrumen elektronik dengan media netral yaitu tanah. Jadi posisi grounding berada di tengah, karena itu komponen dan konstruksinya harus sesuai dan berfungsi dengan baik. Coba anda bayangkan jika groundingnya tidak bekerja, ini sama saja memutus rangkaian antara instrumen elektronik, dalam hal ini penangkal petir dengan tanah sebagai media pembuangan, akan fatal akibatnya.

Untuk yang paling mudah dan umum yaitu membuat grounding dalam pemasangan penangkal petir dengan tipe pasak, disebut seperti ini dikarenakan bentuknya seperti pasak yang ditanam di tanah dengan posisi tegak lurus. Tipe grounding pasak cocok untuk tanah bersedimen tanah liat dan endapan lumpur. Untuk rincian material grounding tipe pasak ini adalah sebagai berikut :

● Logam Pembumian, gunakan material yaitu :
As Besi Lapis Tembaga ( Rod Bonded ), As Tembaga ( Copper Rod ), Pipa Galvanis, usahakan gunakan logam yang anti karat.

● Kabel Penghantar, gunakan material yaitu :
Kabel BC Minimal Penampang 50 mm, dibawah itu tidak menjamin berfungsi dengan baik.

● Koneksi ke instrumen eletronik, gunakan material yaitu :
Isolator, Busbar dan Skun, mudah dilepas dan diganti jika rusak.

● Memperkecil resistan tanah, gunakan material yaitu :
Bentonit atau Kharcoal hanya sebagai opsi, lebih baik tidak karena resistan tanah yang asli lebih baik.


● PENENTUAN TITIK GROUNDING 
Untuk penentuan titik grounding penangkal petir disarankan tidak terlalu jauh. Perhatikan juga luas lokasi grounding, berhubungan dengan pekerjaan pengeboran. Hal ini untuk lebih menghemat material kabel perhantar. Titik yang dekat lebih mudah dijangkau dan dikenali, jangan lupa beri tanda simbol grounding. 

● PENGEBORAN TITIK GROUNDING 
Lakukan pengeboran titik grounding penangkal petir, dengan teknik manual atau mesin disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Capai kedalaman pengeboran grounding yaitu minimal 3 meter dari atas permukaan tanah.

● MASUKKAN MATERIAL LOGAM PEMBUMIAN 
Setelah pengeboran dirasa cukup, maka logam pembumian dimasukkan ke dalam lubang bekas pengeboran tersebut. Jika anda memilih menggunakan logam As tembaga ( Copper Rod ), maka kabel BC sudah tidak diperlukan. Tetapi jika menggunakan pipa galvanis maka sebaiknya ditambahkan kabel BC 50mm luas penampang minimal.

● BUAT TERMINAL SAMBUNGAN 
Terminal sambungan disini ialah antara logam pembumian dan instalasi penangkal petir. Sebagai penghantar gunakan kabel BC 50mm luas penampang minimal. Beri material skun sebagai media koneksi antara grounding penangkal petir dan air terminal di atas.

● LAKUKAN PENGUKURAN 
Ukur dahulu hasil media grounding yang telah dibuat. Tentukan dan pastikan nilainya memenuhi standar di bawah 5 ohm. Jika belum, maka buat media grounding lagi atau di paralel.

● SAMBUNGKAN DENGAN INSTALLASI PENANGKAL PETIR 
Jangan lupa setelah semua pekerjaan selesai, maka sambungkan media grounding dengan kabel penghantar penangkal petir. Untuk lebih rapi, pada terminal sambungan bisa diberi bok kontrol tanam atau bok kontrol tempel.

Berikut tips mudah membuat grounding penangkal petir yang dapat anda aplikasikan sendiri. Media grounding bisa juga diaplikasikan untuk instalasi lain selain instalasi penangkal petir, seperti instalasi listrik, mesin, arrester mengamankan induksi petir dan lainnya. Pemilihan material di atas adalah spesifikasi standar minimum, dan pastinya harga lebih terjangkau. Dengan dapat membuat grounding sendiri diharapkan keselamatan manusia dan instrumen dapat di tingkatkan dan lebih baik.



Our Project Gallery
Galeri pemasangan kami