8/01/2013
0

Pedoman Standar Penangkal Petir Sesuai Persyaratan


Mengetahui pedoman standar penangkal petir merupakan langkah pertama untuk pemasangan penangkal petir. Sebagai referensi pedoman standar penangkal petir mengangkat dari sumber yang berkenaan yaitu peraturan pengawasan instalasi penyalur petir. Sebagai dasar referensi peraturan tersebut memang cocok, serta ditambahkan referensi lain dan jam terbang dalam bidang ini. Pedoman standar penangkal petir membuka jalan untuk mengetahui bagaimana instalasi penangkal petir yang baik. Dengan merujuk pada pedoman standar penangkal petir diharapkan instalasi tersebut menjadi lebih handal dan efektif.


pedoman standar penangkal petir


Pada saat ini memang harus benar - benar selektif dalam pengerjaan pemasangan penangkal petir. Dikhawatirkan pihak pemasang hanya bisa memasang, tanpa didukung pengetahuan dan teori, terutama pedoman standar penangkal petir yang dipersyaratkan. Maka dari itu sebagai pihak yang membutuhkan instalasi penangkal petir, sewajarnya sedikit banyak harus paham akan pedoman standar penangkal petir.


Pedoman standar penangkal petir yang perlu diketahui sebagai refrensi pendukung adalah sebagai berikut :

Penangkal Petir memiliki ketahanan mekanis.

penangkal petir tahan mekanis
Instalasi penangkal petir merupakan alat yang akan berhubungan dengan faktor alam seperti sambaran petir, angin serta hujan. Untuk pedoman standar penangkal petir ini lebih bersifat ketahanan terhadap kondisi eksternal yang terjadi pada lingkungan disekitarnya. Sehingga penentuan material serta komponen penangkal petir perlu disesuaikan dengan faktor eksternal yang terdapat pada lingkungan tersebut.

Penangkal Petir memiliki perlindungan secara teknis.

penangkal petir sesuai standar
Pedoman standar penangkal petir ini bersifat internal, sehingga instalasi penangkal petir membutuhkan konstruksi yang kuat serta teknis pemasangan yang baik dan sesuai dengan pesyaratan. Bagian dan material yang menjadi komponen penyusun instalasi penangkal petir tersebut harus memiliki kemampuan perlindungan secara teknis. Gambaran umumnya ialah bagian dan material penangkal petir harus sesuai spesifikasi persyaratan dan standar yang berlaku, serta memiliki tanda hasil pengujian atau sertifikat yang diakui, sehingga tidak terjadi kerusakan yang dikarena kesalahan konstruksi dan material.

Penangkal petir memiliki ketahanan terhadap korosi.

penangkal petir tahan korosi
Untuk pedoman standar penangkal petir ini sudah jelas bahwa faktor korosi harus diketahui sedini mungkin. Maksudnya mengetahui tingkat korosifitas lingkungan tersebut, agar tindakan pencegahan yang sesuai dapat dilakukan dalam pemasangan penangkal petir.

Pedoman standar penangkal petir di atas sebaiknya dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan penangkal petir. Instalasi penangkal petir yang dipasang sesuai dengan pedoman standar penangkal petir di atas, maka tidak diragukan lagi kehandalan serta efektifitasnya. Demikian pedoman standar pemasangan penangkal petir semoga dapat membantu menjawab keraguan anda tentang teknis penangkal petir yang baik, benar dan sesuai persyaratan yang berlaku.